Tutorial Metatrader ( II )

Layar Metatrader



Layar utama Metatrader

  1. Toolbars, yaitu berbagai macam tool yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap layar metatrader maupun chart. Terdiri dari : standart toolbar, chart toolbar, line studies toolbar, dan periodicity toolbar. Untuk menyembunyikan dan menampilkannya kembali, klik pada "view - toolbars".
  2. Layar Market Watch (Ctrl M), fungsinya untuk melihat price harga Bid, Ask. Di layar ini anda juga bisa mengklik kanan mouse anda untuk mengatur kolom-kolomnya seperti menambahkan kolom Time, High/Low, Symbols, Spesifikasi detail dari masing-masing mata uang (Symbols – Properties), lalu mengeluarkan layar Grafik Chart baru, dan sebagainya.
  3. Layar Navigator (Ctrl N), terletak di bawah layar Market Watch, berisi tentang data account anda dan script-script/EA anda.
  4. Layar Chart yaitu layar yang berisi tentang grafik pergerakan mata uang.
  5. Layar Terminal (Ctrl T) yaitu yang terletak di bagian paling bawah. Di layar Terminal ini ada menu-menu yang lain pula seperti :
    • Journal : berisi informasi perjalanan sistem.
    • Mailbox : berguna untuk membaca pesan-pesan penting dari administrator, seperti informasi perubahan system, jam libur hari besar, data login demo anda, dan lain-lain yang HARUS anda baca bila ada hal-hal penting di sana.
    • Alerts : berguna untuk memberikan bunyi alarm kepada anda bila menyentuh posisi harga yang anda set sebelumnya.
    • News : berisi berita-berita market (harus anda aktifkan dulu di menu Options lalu Server (Ctrl O)).
    • Account History : untuk melihat Arsip Order anda.
    • Trade : untuk melihat posisi order anda ataupun untuk melihat account trade anda.
  6. Signal bar status server, untuk melihat status koneksi dari server maupun dari internet anda. CATATAN: Bila tidak dapat connect, maka pastikan koneksi internet anda lancar dan tidak terhalang oleh firewall yang memblokir akses metatrader ini.

Grafik / Chart

Cara menampilkan grafik chart yaitu dengan meng-klik kanan pada pair mata uang yang ingin anda tampilkan grafiknya (terletak di layar market watch), kemudian pilih "chart window". Atau bisa dengan meng-klik icon
 yang terletak di toolbars (bagian atas layar metatrader), dan pilih pair mata uang yang ingin anda tampilkan grafiknya.
Ada 3 macam bentuk grafik chart, yaitu bar chart, candlestick chart, dan line chart (candlestick chart lebih sering digunakan karena lebih mudah dalam pembacaan harga pair mata uang yang bersangkutan). Anda bisa merubah tampilan bentuk chart anda dengan meng-klik salah satu dari icon
, berturut-turut dari kiri ke kanan adalah bar chart, candlestick, dan line chart.
Jika anda menginginkan, anda juga bisa merubah time periode / time frame nya, memperbesar / memperkecil tampilan chart (zoom out dan zoom in), dan sebagainya. Semua itu bisa anda lakukan baik dari menu, dengan cara klik kanan, atau dengan jalan pintas menggunakan toolbar yang tersedia.


Cara Melakukan Order

Untuk melakukan perintah order anda dapat menekan tombol F9 , atau dengan klik 2x / klik kanan di pair mata uangnya (di layar market watch), dan bisa juga dengan cara klik kanan pada terminal (bagian "transaksi"), lalu pilih "New Order", setelah itu akan muncul layar seperti di bawah ini :


Ada dua tipe dalam melakukan order, yaitu dengan tipe "eksekusi instant" (artinya membuka order baru dengan harga yang berjalan pada saat itu juga) atau dengan tipe "pending order" (artinya membuka order baru dengan memesan harga terlebih dahulu.

Di menu order ini terdapat beberapa macam kolom yaitu :
  • Kolom Simbol : untuk memilih pair mata uang yang ingin anda tradingkan.
  • Kolom volume : untuk memilih jumlah lot yang ingin anda input. Jika anda memilih 0.1 lot, itu berarti 1 pip nya bernilai sekitar $1 (biasa disebut dengan account mini), tetapi jika anda input volumenya dengan 1 lot, itu berarti 1 pip nya bernilai sekitar $10 (biasa disebut dengan account regular/standard). Mini Account berarti quantity contract size = 10000. Untuk Regular Account berarti quantity contract size = 100000.
  • Kolom Stop Loss dan Take Profit , yaitu kolom untuk pengisian Stop Loss (sampai di harga berapa anda sanggup menanggung kerugian), dan Take Profit yaitu target untuk profit anda.
  • Kolom Komentar / Comment yaitu bila anda ingin memberikan catatan kecil untuk posisi order anda ini.
  • Kolom Type yaitu jenis order anda, apakah ingin dieksekusi langsung saat itu juga (instant execution) atau dengan pending order.
  • Tombol Buy dan Sell, yaitu anda ingin order dengan Buy atau Sell (untuk instant execution), dan bila order anda Buy maka akan dieksekusi di harga Ask, sedangkan untuk Sell adalah di harga Bid.
  • Maximum Deviation yaitu untuk batasan toleransi slippage bila harga tiba-tiba melompat maka jarak berapa dari harga yang melompat tersebut yang bisa anda toleransi untuk eksekusi order anda (default: 0).
  • Untuk tipe eksekusi instant, maka order anda akan berjalan pada saat itu juga setelah anda meng-klik buy atau sell.
  • Sedangkan untuk tipe pending order, maka tampilannya akan berubah seperti di bawah ini :


  • Kolom Type untuk pending order, yaitu jenis pending order apa yang anda inginkan, adapun jenisnya-jenisnya yaitu :
    • Buy Limit: Yaitu memasang order Buy dengan harga di bawah harga running sekarang, dengan harapan jika harga yang sedang turun tersebut dapat bergerak naik lagi dari titik posisi harga Pending Buy Limit tersebut untuk mendapatkan profit.
    • Buy Stop: Yaitu memasang order Buy dengan harga di atas harga running sekarang, dengan harapan jika harga bergerak naik lagi dari titik posisi harga pending Buy Stop tersebut maka anda akan mendapatkan profit.
    • Sell Limit: Yaitu memasang order Sell dengan harga di atas harga running sekarang, dengan harapan jika harga yang sedang naik tersebut dapat bergerak turun lagi dari titik posisi harga Pending Sell Limit tersebut supaya profit.
    • Sell Stop: Yaitu memasang order Sell dengan harga di bawah harga running sekarang, dengan harapan jika harga bergerak turun lagi dari titik posisi harga pending Sell Stop tersebut maka anda akan mendapatkan profit.
  • Kolom At Price / Pada Harga, yaitu harga pending order anda, yang di mana order akan terlaksana jika menyentuh / melewati titik harga tersebut sesuai dengan jenis “Type” nya
  • Kolom Expiry / Jatuh Tempo, yaitu bila order pending anda tidak terlaksana hingga waktu tertentu, maka pending order anda akan otomatis dibatalkan oleh system (jam di kolom ini mengikuti jam server dari layar Market Watch).
Catatan:
Jika di menu order anda ada bertuliskan “Open price you set must differ from market price by at least 10 pips”, itu berarti jarak order anda harus berjarak minimum 10 point dari harga market atau berjarak 10 point dari harga pending order anda (bila order typenya berjenis pending order). Bila kurang dari 10 pips maka order anda akan invalid dan tidak bisa tereksekusi.

Setelah anda berhasil melakukan order, maka di layar Terminal anda (di bagian Trade / Transaksi) akan muncul seperti ini :


Jika anda memilih pending order, maka order yang masih berstatus pending akan terletak di bawah "balance". Sedangkan order yang sudah tereksekusi atau sudah berjalan terletak di atas "balance".

Untuk memodifikasi order anda, klik kanan pada order yang ingin dimodifikasi. Perlu diingat, order yang sudah berjalan di market tidak bisa anda batalkan ataupun dirubah harganya maupun volume lotnya (kecuali merubah TP, SL dan Trailing Stopnya masih bisa).

Anda juga bisa melakukan cara yang sama untuk melakukan close order terhadap order anda yang masih aktif atau berjalan, yaitu klik kanan pada order yang anda maksudkan, kemudian pilih "close order / likuidasi order". Fungsinya untuk close order sebelum menyentuh SL atau TP nya.


Multi Account

Bagi anda yang memiliki dua account atau lebih, anda bisa menginstal lebih dari satu software metatrader. Cara peginstalan sama, hanya saja perlu dibedakan directory foldernya, misalnya :

C:\Program Files\MetaTrader –FXOpen (B)

atau

C:\Program Files\MetaTrader – FXOpen (C)

Lihat gambar di bawah ini :


Setelah meng-klik "next", anda akan ditanyakan mengenai nama shortcut-nya. Bedakan juga seperti hal nya pada nama directory folder di atas, misalnya :

Metatrader - FXOpen (B)

atau

Metatrader - FXOpen (C)

Lihat gambar di bawah ini :


Yang perlu diperhatikan adalah seragamkan nama directory folder dengan nama shortcut-nya. Misalnya anda meginstal untuk directory folder "C:\Program Files\MetaTrader –FXOpen (B)", maka untuk shortcut-nya beri nama "MetaTrader –FXOpen (B)".

Setelah semua proses tersebut selesai, anda bisa menjalankan beberapa software metatrader di satu komputer untuk dua atau lebih account anda. Di sinilah fungsi membedakan nama directory folder dan shortcut antara dua atau lebih software metatrader yang anda instal. Satu software untuk menjalankan satu account. Semakin mempermudah anda dalam menjalankan beberapa account bukan ?

2 comments:

Kaito Kid said...

Dapatkan $123 di dalam akun bonus FBS

Bonus bisa dipakai untuk trading delama 7 hari kerja dari bonus masuk ke akun
Profit Anda tidak terbatas
Anda bisa dapat bonus tanpa butuh verifikasi dan notifikasi

Tertarik.... ? Coba ikuti link ini

Keuntungannya untuk FBS?

Bonus 100% deposit untuk trading
Promosi kontes tetap dan menguntungkan
Komisi mitra yang paling besar: sampai $80 per lot
Deposit dan penarika via sistem apapun dalam mata uang apapun
Leverage 1:3000 ... Maknyus paling besar

StephenIMM said...

Menanggapi pesan di atas
FBS sudah mengganti domain; http://fbs.id/.

Post a Comment

Sponsored by



Masukkan Code ini K1-B585D4-1 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Blog Widget by LinkWithin